4 Pemain yang Diprediksi Jadi Kunci Permainan Timnas U-19 di Piala Asia 2018

0
Sumber Gambar: Kompas.com

 

Timnas U-19 telah memulai perjalanannya di ajang Piala AFC  2018 dengan melawan tim asal China Taipe pada Kamis (19/10/18) keamrin. Pasukan Garuda Jaya pun mampu menundukkan perlawanan China Taipe dengan skor telak 3-1.

Meski mampu memenangkan laga tersebut, namun lawan berikutnya yang bakal dihadapi juga terbilang lebih kuat, ada dua negara yakni Qatar dan juga Uni Emirat Arab. Tim besutan pelatih Indra Sjafri inipun harus berjuang keras untuk bisa melewati fase penyisihan.

Dari perjalanan timnas di piala AFC tahun ini, setidaknya ada 4 pemain yang bakal menjadi kunci permainan tim. Melansir dari bola.com (15/10/18), siapa saja mereka? Berikut analisa untuk anda.

1. Witan Sulaiman
Gelandang Timnas U-19 yang kerab memakai nomor punggung 8 ini biasanya dimainkan oleh pelatih Indra Sjafri bersama Syahrian Abimanyu dan Muhammad Luthfi Kamal di lini tengah. Namun pergerakan Witan yang cukup dinamis di lapangan membuat peranannya di lapangan cukup bebas.

Hasilnya pun cukup ampuh, pergerakannya terutama di sisi kiri serangan timnas Garuda Jaya cukup merepotkan barisan pertahanan lawan terutama saat melakukan serangan balik cepat. Hal itu terlihat saat dimainkan di laga melawan Timnas China Taipe kemarin. Dua gol yang disarangkan ke gawang China Taipe berkat akselerasi pemain kelahiran Palu 8 Oktober 2001 ini.

Dengan kehadiran pemain yang mampu bermain di sejumlah posisi seperti Witan, Indra Sjafri memiliki sejumlah opsi formasi dengan tetap memainkan gelandang andalannya itu.

2. Todd Rivaldo Ferre
Selain witan ada satu lagi gelandang muda enerjik yang bisa menjadi senjata bagi Indra Sjafri untuk memecah pertahanan lawan dari lini tengah. Ia adalah Todd Rivaldo Ferre, jebolan Persipura U-19 itu saat ini menjadi bagian yang penting bagi Timnas Indonesia U-19.

Meski postur tubuhnya kecil, namun pemain asal Papua ini tak bisa diremehkan talentanya, ia  memiliki kecepatan dan akselerasinya di pertahanan lawan yang bisa merepotkan setiap pemain. Seperti momen saat timnas melawan Vietnam di ajang piala AFF U-19 2018 lalu.
Rivaldo Ferre mampu mengecoh lima pemain Vietnam dari tengah lapangan hingga ke dalam kotak penalti sebelum melepaskan tembakan yang membentur mistar gawang dan dimaksimalkan oleh Rafli untuk menjadi gol.

Dengan kemampuan individu yang luar biasa, Todd Rivaldo Ferre bisa menjadi solusi ketika Timnas Indonesia U-19 perlu mendobrak lini pertahanan tim lawan yang sulit dilakukan oleh Timnas Indonesia.

3. Nurhidayat Haji Haris
Bek tengah sekaligus kapten Timnas U-19 ini tampil cukup konsisten dalam mengawal lini pertahanan Timnas. Ketenangannya dalam mengantisipasi pergerakan lawan yang masuk ke kotak penalti Timnas Indonesia U-19 membuat Indra Sjafri memilihnya menjadi kapten tim.

Seperti saat diturunkan kala melawan Timnas China Taipe, ia mampu menjalankan perannya dengan sangat baik, berdasar catatn statistik labbola, pemain yang akrab disapa Dayat ini sebanyak 4 kali mampu unggul dalam duel udara.

Daya tahannya untuk menghalau dan melakukan sapuan ke depan dinilai mampu mengamankan pertahanan Tim Garuda Nusantara dengan baik  . Nurhidayat Haji Haris pun sejauh ini mampu memperlihatkan konsistensi yang luar biasa di lapangan.

Meski bertubuh sedikit gempal, Dayat tak kesulitan untuk bisa mengejar pemain-pemain berkaki cepat yang bisa mengancam gawang tim yang dibelanya.

4. Egy Maulana Vikri
Terakhir adalah sosok paling central di jantung serangan timnas U-19, Egy Maulana Vikri. Harus bolak balik dari Polandia ke Indonesia dalam waktu yang relatif singkat untuk membela timnas namun pengalamannya bisa menjadi kartu truf bagi daya dobrak timnas U-19.

Pengalaman bermain bersama Lechia Gdansk salah satu klub kasta tertinggi di Liga 1 Polandia membuatnya tak perlu mengikuti pemusatan latihan panjang bersama Timnas Indonesia U-19. Indra Sjafri percaya ilmu dan jam terbang yang didapatkan oleh Egy bersama klubnya akan mendongkrak permainannya hingga ke batas maksimal ketika dibutuhkan Tim Garuda Nusantara.

Permainannya dalam mengatur serangan, mampu ditunjukkan dengan sangat baik di laga melawan ChinaTaipe Kamis (18/10/18) malam kemarin. Satu gol yang dicetak oleh Witan Sulaiman di menit 89 merupakan assist apik dari Egy setelah mampu mengecoh kiper China Taipe, Guan Pei.

Egy juga menjadi pembuka kran gol Timnas Indonesia saat berhasil menjebol jala China Taipei di menit menit awal babak kedua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here