4 Atlet Legendaris Tim Indonesia Yang Namanya Tercatat Dalam Sejarah

0
Rudi Hartono, dan catatan gelar juara di All England. Sumber: CNN Indonesia

Indonesia memang punya posisi bagus di mata dunia, khususnya dalam bidang olahraga. Sejumlah atlet terbaik dari tanah air pun sudah mencatatkan sejarah di mata dunia, dan membuat bangga bangsa Indonesia. Siapa saja mereka, simak ulasannya berikut ini:

Rudy Hartono – Bulutangkis
Jauh sebelum nama Susi Susanti dan Alan Budikusuma mengharumkan Indonesia di pentas Olimpiade 1992 Barcelona dengan medali emasnya, sebenarnya bulutangkis sudah masuk di Olimpiade 1972 Munchen, namun masih sebagai demo.

Adalah Rudy Hartono yang pertama kali sukses mencatatkan juara di kejuaraan tersebut. Namun karena sifatnya masih demonstrasi, maka prestasi tersebut tidak tercatat secara resmi dan masuk hitungan.

Meskipun begitu, Rudy tetaplah seorang legenda dalam bulutangkis. Pada kejuaraan tertua di dunia All England dia berhasil memenangi delapan gelar, dengan tujuh diantaranya diraih secara beruntun.

Maulwi Saelan – Sepakbola
Maulwi merupakan seorang pejuang gerilya dari Sulawesi dan pernah bertugas di Jawa selama perang kemerdekaan. Namun bukan hanya seorang pejuang Maulwi juga merupakan kiper Timnas Indonesia dari 1952-2958.

Salah satu pertandingan paling bersejarah yang pernah dijalani Maulwi, adalah di Olimpiade 1956 Melbourne. Di mana, saat itu dia mampu tampil heroik, ketika menghadapi Uni Soviet.

Ellyas Pical  РTinju
Sebelum era Chris John mampu menjadi andalan Tim Indonesia di pentas tinju internasional, nama Ellyas Pical sudah lebih dahulu membawa nama harum Merah Putih di kancah dunia.

Ellyas, berhasil menjadi juara di kelas terbang IBF tiga kali dalam kurun waktu 1985-1989.

Tercatat, rekor profesionalnya adalah,20 kali menang (11 melalui KO, lima kekalahan dan satu kali imbang.

Richard Sambera – Renang
Richard, berhasil meraih 23 medali emas secara impresif pada ajang SEA Games, mulai dari tahun 1989-2005.

Lama menimba ilmu di Amerika Serikat. Lebih mengesankan Richard tercatat juga pernah menjadi juara renang di level perguruan tinggi, serta menjadi pemegang rekor junior di AS.

Ia mencatatkan penampilan terakhirnya membela Merah Putih di SEA Games pada tahun 2005, dengan usia sudah mencapai 34 tahun. Namun itu bukan menjadi halangan untuk seorang Richard tetap bisa berprestasi, dari multi event level Asia Tenggara tersebut, Richard berhasil membawa pulang dua medali emas, dua perak dan satu perunggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here