3 Karateka Tim Indonesia Segera Mulai Perjuangan Menuju Olimpiade Tokyo 2020

0
Sumber Gambar: sport.tempo.co

Tiga atlet Tim Indonesia dari cabang olahraga karate, akan mulai memburu tiket Olimpiade Tokyo 2020. Mereka akan berlaga di WKF Premier League pada pertengahan Februari 2020.

Tiga karateka tersebut adalah, Cok Istri Agung Sanistyarini (kumite -55kg putri), Ahmad Zigi (kata perorangan putra), dan Ceyco Georgia Sefanya Hutagalung (kumite -61kg putri). Ketiga atlet tersebut tengah dipersiapkan dengan intens oleh PB FORKI untuk mengikuti empat seri WKF Premier League 2020.

Keempat seri WKF Premier League tersebut antara lain, Karate 1-Premier League, Dubai Uni Emirat Arab, 14-16 Februari, Karate 1-Premier League, Salzburg Austria, 28 Februari – 1 Maret, Karate 1-Premier League Madrid, Spanyol, 17-19 April, dan Tokyo 2020 Qualification Tournament di Paris, Prancis, 8-10 Mei 2020.

“Untuk persiapan menuju WKF itu, kami akan panggil mereka 10 Februari di Bendungan Hilir, Jakarta,” kata pelatih tim karate, Abdullah Kadir,seperti dilansir dari detiksport.

Abdullah melihat bahwa peluang karateka Indonesia meraih tiket lolos ke Tokyo cukup besar. Penilaian tersebut berdasar dari beberapa atletnya yang kini ada di posisi 20 besar dunia. Dilansir dari situs WKF.net, Cok Istri kini berada di peringkat 18 dunia, sementara Ahmad Zigi berada di peringkat 28 dunia.

“Memang peringkat Cok Istri dan Ahmad Zigi masih jauh dari 10 besar. Tapi mereka cukup berpeluang karena ada ketentuan di mana setiap negara bisa diwakili satu karateka pada nomor-nomor yang dipertandingkan di Olimpiade. Sementara, satu kelas itu bisa satu dua tiga karate dari satu negara. Jadi peluangnya ada,” dia menjelaskan.

Karenanya, Abduh menyimpan harapan, ketiga karateka tersebut bisa minimal meraih perunggu di ajang level dunia tersebut. Karena memang mempunyai bobot poin yang besar, hingga mampu menaikkan posisi mereka.

“Dengan poin besar maka jalannya semakin terbuka untuk berangkat ke Tokyo,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here