3 Cara Aries Susanti Rahayu Jaga Kekuatan Tubuhnya Dari Rumah Saja 

0
Sumber: Liputan6

Atlet andalan Tim Indonesia di cabang olahraga panjat tebing, Aries Susanti Rahayu, menyebutkan, bahwa dalam masa karantina mandiri, karena pandemi covid-19, dia ingin tetap bisa menjaga performa dan juga kondisi fisiknya. Oleh karena itu Aries juga berbagi dengan masyarakat, terkait tips nya untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dalam situasi sekarang.

Kondisi yang membuat setiap orang agar lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja, termasuk Aries, membuatnya tidak bisa berlatih dengan peralatan standar seperti biasanya. Karenanya, dia pun harus bisa berlatih dengan memaksimalkan apa yang ada di sekelilingnya.

Salah satu dalama upaya untuk menjaga kekuatan bahu. Atlet pemilik rekor speed climbing ni, konsisten melakukan pull up di kusen dengan kaki sambil mengapit beban.

Latihan lain yang dijalankan Aries, adalah squat dengan beban. Dimana dia mengangkat beban barbel 10 kg, di depan tubuh, sambil melakukan squat untuk memperkuat otot kaki.

“Sehingga saat memanjat dorongan kaki kita maksimal,” ujarnya seperti dilansir dari Liputan6.com.

Program lanjutan yang dijalankan Aries, adalah, berupa circuit training, dengan fungsi utama, menjaga dan meningkatkan kekuatan otot bahu, perut dan kaki. Set latihan yang dikombinasikannya adalah, mountain climber, climber v-ups dan push up.

Dipaparkan Aries, tiga tipe latihan tersebut sangat penting untuk dirinya, sebagai atlet panjat tebing yang berlaga di nomor speed.

Aries Susanti Rahayu, merupakan penyumbang dua medali emas di Asian Games 2018. Ia juga berhasil mencatatkan namanya dalam buku sejarah, setelah berhasil memperoleh waktu 6,995 detik di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing Xiamen 2019.

Saat ini atlet berusia 25-tahun tersebut, tengah dalam konsentrasi bisa mendapatkan tiket Olimpiade 2020 Tokyo. Namun asa nya tersebut harus tetunda sementara waktu, karena babak kualifikasi yang masih belum bisa digulirkan, akibat pandemi covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here