2 Fakta Menarik Youth Olympic Games Yang Berkaitan Dengan Indonesia

0

Youth Olympic Games (YOG) Summer atau Olimpiade Remaja musim panas, mungkin belum terlalu akrab bagi penggemar olah raga di Tanah Air. Hal tersebut bisa dimaklumi, karena memang hingga tahun 2018 di Buenos Aires Argentina, penyelenggaraannya baru masuk kali ketiga.

Namun ternyata, banyak fakta yang mengungkapkan multi event olah raga terbesar di dunia, khusus remaja ini ternyata tidak bisa lepas dari Indonesia. Meskipun secara prestasi Tim Indonesia juga belum terlalu menonjol di ajang ini. Lalu, apa saja ya fakta – fakta YOG musim panas yang berkaitan dengan Indonesia?

Partisipasi tetap dari Indonesia
Sejak penyelenggaraan di tahun pertama pada 2010 di Singapura, Indonesia merupakan kontingen yang selalu eksis mengikuti event ini.
Pada 2010, Tim Indonesia di YOG berkekuatan  14 atlet yang berlaga di 7 cabang olah raga.

Kemudian pada penyelenggaraan tahun 2014 di Nanjin China, kontingen Indonesia diperkuat 27 atlet yang unjuk kekuatan di 10 cabang olahraga. Yang terakhir pada 2018 ini, kekuatan Indonesia sedikit berkurang. Tim Nasional Indonesia hanya meloloskan 16 atlet yang berlaga di 8 cabang olah raga.

Rutinya Indonesia mengikuti YOG, membuktikan bahwa kekuatan olah raga Tanah Air di level junior tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena untuk mengikuti YOG, para atlet harus mengikuti seleksi terlebih dahulu.

YOG 2018 Medali Di Desain Oleh Pemuda Indonesia
Pada perhelatan YOG 2018 Buenos Aires, kita sebagai warga Indonesia patut berbangga. Lantaran medali yang diberikan kepada para pemenang di ajang pada 6-18 Oktober 2018 ini, ternyata hasil desain dari pemuda asli Indonesia.

Seperti dilansir dari idntimes.com,  Adalah Muhamad Farid Husen yang berusia 18 tahun menjadi pemenang pertama dan desain medalinya ini akan digunakan pada pelaksanaan Olimpiade nanti. Farid merupakan peserta termuda sepanjang sejarah lomba desain medali Olimpiade remaja yang mulai dilaksanakan sejak tahun 2010.

Farid akan diundang ke acara Olimpiade Remaja 2018, termasuk pada acara pembukaan dan akan menyaksikan sendiri penganugearahan pertama kali medali hasil desainnya tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here