100% Dukungan Menpora Untuk Pencak Silat Ke Olimpiade

0
Sumber: mirajnews.com

Pentas Asian Games 2018 Agustus lalu menjadi tuah bagi Indonesia khususnya cabang olahraga Pencak Silat. Melalui cabang olahraga tesebut, medali Indonesia semakin bertambah, karena dari olahraga asli Indonesia tersebut, para atlet paling banyak menghasilkan medali terutama medali Emas.

Momentum yang baik itulah hingga membuat pihak pemerintah dalam hal ini adalah kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan terus mendorong dan membantu pencak silat untuk bisa menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

“Bagi saya Pencak Silat adalah warisan olahraga dan budaya Indonesia yang harus terus kita kembangkan. Saya senang melihat pencak silat mendapat sambutan yang luar biasa di negeri Belanda ini. Dan saya sebagai wakil pemerintah akan terus mendorong agar pencak silat masuk olimpiade,” kata Imam Nahrawi seperti dilasnir dari¬†liputan6.comSelasa (23/10/18).

Melihat begitu pesatnya perkembangan olahraga pencak silat, pemerintah Indonesia tidak mau kehilangan momentum untuk mempromosikan olahraga pencak silat kepada seluruh dunia. Saat ini, federasi olahraga pencak silat internasional telah memiliki 49 negara anggota yang terdiri dari berbagai negara di seluruh penjuru dunia.

Sementara syarat agar cabang olahraga tersebut bisa dipertandingkan di Olimpiade adalah memiliki 70 hingga 75 negara anggota.

“Di pentas Asian Games 2018 lalu, Pencak Silat mendapat sambutan dan perhatian yang luar biasa dari negara-negara Asia. Untuk bisa masuk Olimpiade, pemerintah tidak akan pernah berhenti untuk mendorong pencak silat ke pentas dunia. Kemenpora bersama Kemenlu nanti akan terus bekerja bersama-sama untuk mengembangkan ke negara-negara lainnya, karena persyaratan untuk bisa dipertandingkan pada Olimpiade yakni minimal terdapat 70-75 negara anggota,” beber menteri asal Bangkalan Madura itu.

Perlu diketahui saat ini di kawasan Asia, kurang lebih sudah 18 negara yang menjadi anggota selain itu di beebrapa negara Afrika, Eropa dan juga Amerika juga sudah menyertakan diri sebagai anggota. Dengan kondisi tersebut bukan tak mungkin dalam kurun waktu 2 tahun mendatang, olahraga beladiri asli Indonesia ini bisa dipertandingkan di Olympiade Tokyo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here