Unsur Indonesia dalam Medali Asian Games 2018

0
Sumber: indosport.com

Pembukaan Asian Games 2018 tinggal menghitung hari, beberapa persiapan telah dilakukan, termasuk urusan medali. Medali yang terdiri dari medali emas, perak, dan perunggu tersebut akan menjadi hadiah bagi para pemenang di ajang olah raga 4 tahunan itu. Setiap atlet akan berjuang mengerahkan tenaga demi mempersembahkan medali bagi negaranya. Sekitar 4066 medali akan diperebutkan oleh atlet dari 463 cabang yang dipertandingkan di Asian Games kali ini.

Beberapa elemen Indonesia akan muncul dari desain medali Asian Games 2018. Menurut sang perancang Elysa Munstar, medali yang berbahan dasar zinc alloy ini memakai elemen dasar dari desain Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Selain sebagai logo resmi Asian Games kali ini, SUGBK merupakan kebanggaan bagi masyarakat Indonesia. “Gelora Bung Karno itu suatu kebanggaan buat orang Indonesia,” ungkap Elysa kepada CNN Indonesia.

Selain SUGBK, elemen batik dari 3 daerah di Indonesia turut mewarnai desain medali. Batik-batik tersebut berasal dari Jakarta, Palembang, dan Asmat. Selain menambah keindahan, elemen ini sebagai elemen perwakilan budaya yang ada di Indonesia. Erick Thohir menegaskan, simbol yang dibawa batik-batik dalam medali menunjukkan keanekaragaman budaya dalam persatuan.

“Kami meluncurkan desain medali dengan logo Asian Games dan corak batik dari seluruh penjuru Indonesia. Itu menunjukkan keanekaragaman budaya sekaligus persatuan Indonesia,” kata Erick seperti yang dikutip dari www.liputan6.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here