Triathlon, Olahraga Menguji Ketahahan Fisik

0

Triathlon adalah olahraga yang sangat menguji ketahanan fisik dengan kombinasi renang jarak jauh, bersepeda, serta lari. Triathlon merupakan salah satu cabang olahraga baru di Asian Games, pertama kali di Asian Games XV Doha tahun 2006.

Dalam Jadwal Asian Games 2018, cabang Triathlon akan dipertandingkan di Palembang dari tanggal 31 Agustus 2018 sampai 1 September 2018 di JSC Lake Jakabaring. Jarak yang harus ditempuh para atlit Triathlon meliputi berenang 1,5 km, bersepeda 40 km, dan lari maraton sejauh 10 km tanpa jeda, untuk perseorangan.

Cabang ini memperebutkan 3 medali emas, satu dari putra, satu dari putri, dan satu lagi dari campuran. Untuk campuran, satu tim akan diperkuat masing-masing 2 atlet putra dan putri. Mereka akan bertanding dengan komposisi putri-putra-putri-putra yang setiap orangnya akan melalui jarak 300 meter berenang, 6,3 km bersepeda, dan 2,1 km lari maraton.

Di Indonesia, Triathlon ada di bawah organisasi Federasi Triathlon Indonesia. Organisasi ini merupakan member Asian Triathlon Confederation (ASTC) dan International Triathlon Union (ITU). Organisasi ITU dibentuk tahun 1989 dan langsung menggelar kejuaraan dunia di tahun yang sama. Di olimpiade, cabang ini untuk pertama kali dilombakan di Olimpiade 2000 Sydney.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here