Energy of Asia

    0

    Baru saja kita saksikan acara penutupan Asian Games 2018 yang tidak kalah meriahnya dengan acara penutupannya. Walaupun sore tadi menjelang acara penutupan daerah GBK & sekitarnya diguyur hujan lebat, dan pas acara berlangsung hujan gerimis masih mengguyur GBK namun tidak mengurangi antusias masyarakat, penonton yang sudah membeli tiket acara penutupan dan juga para pengisi acara.

    Meskipun tidak ada adegan Presiden Jokowi naik motor lagi karena Presiden sedang berada di Lombok & nonbar bersama para pengungsi, namun tidak mengurangi kemeriahan acara penutupan. Walaupun masih ada kekurangan disana sini terutama masalah tiket yang agak susah didapat namun boleh dibilang Indonesia sukses menyelenggarakan event olahraga terbesar kedua didunia ini, (terlepas dari ancaman terorisme beberapa waktu lalu) sukses sebagai penyelenggara dan peserta. Karena 4 tahun lalu di Korea, Indonesia hanya meraih 4 medali emas, namun kali ini sukses meraih 31 emas 24 perak 43 perunggu, total 98 medali (2 medali genap 100 medali nih) dan sukses bercokol diperingkat 4 dibawah Republik Rakyat Tiongkok yang keluar sebagai juara umum diikuti Jepang & Korsel.

    Padahal sebelum Asian Games dimulai Indonesia hanya ditargetkan 10 besar dan meriah 16 emas, namun akhirnya berhasil meraih 31 emas, hampir 2x lipat dari yang ditargetkan. Mungkin ini juga tidak terlepas dari besarnya bonus yg diterima atlet jika sukses mempersembahkan medali.

    Selain rekor medali yg diperoleh Indonesia, besarnya bonus yg diterima atlet juga melonjak dibanding 4 tahun lalu. Biasanya bonus atlet cair bisa memakan waktu beberapa minggu namun Kemenpora melalui instruksi Presiden bonus sudah dicairkan & diterima atlet siang tadi sebelum acara penutupan. Tidak hanya atlet, para pelatih & asisten pelatih pun mendapat bonus, bagi atlet yang belum mendapat medali pun tetap diberikan penghargaan & apresiasi.

    Semoga spirit selama Asian Games ini terbawa sampai ke Lombok seperti yang disampaikan Presiden Jokowi tadi. Dan semoga di Asian Games 2022 nanti Indonesia sukses mengulang & mempertahankan pencapaian di Asian Games 2018 ini.