Asian Games Sarana Pemersatu Bangsa

    0

    ASIAN GAMES, siapa yang tidak mengetahui pesta olahraga terbesar nomor 2 di dunia setelah olimpiade. Pesta olahraga bagi negara negara di benua asia. Sebagai masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan gelaran olahraga yang satu ini. Bagaimana tidak, dahulu Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Games. Tepatnya pada saaat Asian Games ke 4 di Jakarta tahun 1962. Prestasi Indonesia pun saat itu menempati posisi ke 2.

    Pada tahun ini, Indonesia akan mengulangi mencetak sejarah dengan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Apakah ini membanggakan? Jelas ini suatu hal yang sangat membanggakan, dimana bangsa Indonesia akan menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar kedua untuk kedua kalinya setelah terakhir menjadi tuan rumah pada tahun 1962. Semua persiapan telah dilaksanakan dengan semaksimal mungkin, walaupun terdapat beberapa hambatan.

    Tapi, apakah ada artinya untuk masyarakat Indonesia? Jelas ada, seperti dapat menonton dan mendukung atlet kebanggaan, meningkatkan perekonomian Indonesia, dan lain sebagainya. Namun ada satu hal yang menurut penulis menjadi hal terpenting dari terselenggaranya ajang Asian Games ini. Menulis merasakan adanya persatuan Indonesia akibat dari ajang ini. Hal ini dapat penulis lihat dari antuasiasme masyarakat untuk menonton, mendukung, dan mensukseskan ajang ini. Dimana mereka harus antre panjang di bawah teriknya matahari, meluangkan waktunya untuk mendukung atlet atlet wakil dari bangsa ini, berteriak, bernyanyi menyuarakan semangat pada mereka.

    Seperti yang penulis alami sendiri ketika mendukung Timnas Indonesia ketika melawan Laos pada cabang olahraga sepakbola. Para suporter harus antre dan berdesakan untuk mendapatkan tiekt. Mereka tidak lagi menamai mereka sebagai golongan orange, biru, hijau, kuning, kotak kotak maupun putih, tapi mereka menamai mereka dengan golongan yang sama yaitu merah putih yang menandakan mereka hadir untuk Indonesia. Bersatu untuk Indonesia, hadir untuk Indonesia, memberikan waktu untuk Indonesia. Yang sebelumnya menjadi lawan main, menjadi satu tribun, yang sebelumnya berlawan politik menjadi satu stadion. Hal inilah yang dinamakan Asian Games sebagai sarana pemersatu bangsa. Tak ada warna lain, hanya 2 warna yaitu merah putih.

    Menulis berharap, semoga persatuan ini terus berlanjut agar bangsa ini tidak terpecah belah. Mari sukseskan Asian Games 2018 dan sukseskan persatuan Indonesia. Asian Games 2018, Energy of Asia