Perjalanan Panjang Obor Asian Games 2018

0

Perjalanan panjang ditempuh oleh api obor Asian Games 2018. Api obor ini akan menyalakan kalderon di pembukaan Asian Games 2018, 18 Agustus 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, sampai penutupan 2 September 2018.

Api Obor Asian Games 2018 ini diambil dari dua api abadi. Yaitu api abadi yang menyala di India sebagai tempat digelarnya Asian Games pertama dan api abadi dari Indonesia sebagai tuan rumah. Di India, api abadi berasal dari Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi. Sedangkan di Indonesia, api abadi diambil dari Mrapen, Jawa Tengah.

Api yang berasal dari India dibawa menggunakan pesawat Boeing 737 400 milik TNI AU menggunakan alat bernama Tinder Box yang berbahan bakar gas. Pesawat pembawa obor tersebut dikawal 5 pesawat tempur T-50 Golden Eagle dari India sampai Jogjakarta. Setelah tiba di Jogjakarta, Obor diturunkan oleh pahlawan bulutangkis Indonesia, Susi Susanti.

Di Candi Prambanan, api abadi dari India disatukan dengan api abadi yang diambil dari Mrapen, Grobogan, Jawa tengah. Setelah disatukan, api obor Asian Games itu dibawa berkeliling Indonesia selama 2 bulan. Api obor Asian Games melewati 54 kota dan kabupaten di 18 provinsi Indonesia dan menempuh jarak 18.000 KM.

Setelah menempuh perjalanan yang sangat panjng, api obor Asian Games 2018 tersebut akan tiba di Jakarta di hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here