Menyongsong Asian Para Games 2018

0
[:In]asianparagames2018.id[:]

Di tahun 2018 ini, Indonesia menjadi tuan rumah dua pesta olah raga yang diikuti negara-negara Asia. Pertama, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games, yang terselenggara dengan sukses di antara tanggal 18 Agustus 2018 sampai 2 September 2018. Selain sukses sebagai penyelenggara, Indonesia pun mencapai sukses sebagai peserta. Target 16 emas dan menempati posisi 10 besar berhasil terlampaui dengan raihan 31 emas dan menempati posisi 4 klasemen perolehan medali akhir.

Setelah disuguhi gelaran pesta olah raga terbesar se-Asia itu, Indonesia kembali akan menggelar pesta olahraga se-Asia lainnya, Asian para Games 2018. Pesta olah raga ini merupakan pertandingan-pertandingan olah raga yang diikuti oleh para penyandang disabilitas, dan akan diselenggarakan di Jakarta, 6 Oktober sampai 13 Oktober 2018.
Asian Para Games 2018 ini merupakan pesta edisi ketiga. Gelaran Asian Para Games sebelumnya dilangsungkan di kota Guangzhou, Tiongkok dan Incheon, Korea Selatan. Berbeda dengan Asian Games, Asian Para Games diselenggarakan di bawah pengawasan Asian Paralympic Committee.

Sebelum bernama Asian Para Games, kompetisi ini bernama FESPIC Games atau Far East and South Pasific Games fot the Disabled. FESPIC Games pertama kali diselenggarakan di tahun 1975 di Oita Jepang. Indonesia sendiri pernah menjadi tuan rumah FESPIC Games. Ini terjadi di tahun 1986, dan kota Solo mendapat kehormatan menjadi tuan rumah pesta olah raga ini.

FESPIC terakhir diselenggarakan tahun 2006 di Kuala Lumpur. Setelah itu, kompetisi berubah nama menjadi Asian para Games yang pertama kali digelar di Guangzhou, Tiongkok di tahun 2010. Sejak itu, Asian Para Games diselenggarakan di waktu dan tempat yang sama dengan penyelenggaraan Asian Games.

Sebanyak 43 negara Asia akan berpartisipasi di Para Games Asia 2018 kali ini. Mereka akan bersaing dan berkompetisi di 18 cabang olah raga yang terbagi menjadi 582 nomor. Indonesia sendiri akan menurunkan sekitar 300 atlet dan menargetkan untuk berada di 7 besar klasemen perolehan medali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here