Mengenal Cabang Tenis Meja

0

Tenis meja adalah olah raga yang memadukan penggunaan bola, raket sebagai pemukul, dan meja sebagai lapangannya. Olahraga ini muncul sebagai permainan para kalangan atas di Inggris, di sekitar pertengahan abad 19. Olahraga ini mulai menyebar ketika pihak militer Inggris membawa tenis meja ke India.

Di tahun 1921, dibentuk organisasi internasional yang mewadahi kegiatan tenis meja sedunia yang bernama Table Tennis Association. Nama organisasi ini berubah menjadi International Table Tennis Federation di tahun 1926. Di tahun yang sama pula, digelar kejuaraan dunia tenis meja yang digelar di kota London.

Baru di tahun 1988, tenis meja dimainkan sebagai olahraga resmi di olimpiade. Padahal di Asian Games, olahraga ini telah dipertandingkan sejak tahun 1958. Selama di Asian Games, Indonesia meraih 1 medali perak, yakni oleh pasangan putra Empie Wuisan dan Sinyo Supit, di tahun 1978.

Di Asian games 2018 ini, cabang olahraga Tenis Meja akan memperebutkan 5 medali emas, yang terdiri dari tungal dan tim putra, tunggal dan tim putri, dan ganda campuran. Pertandingan-pertandingan ini akan digelar di JI Expo Kemayoran Jakarta, tanggal 26 Agustus sampai 1 September 2018.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here