Medali Dari Cabang Baru Asian Games 2018

0
ANTARA FOTO/INASGOC/Bram Selo Agung/INP

Asian Games 2018 resmi ditutup pada tanggal 2 September 2018 malam. Pesta olah raga terbesar Asia ini memberikan banyak kenangan dan kegembiraan termasuk bagi rakyat Indonesia. Sebagai tuan rumah, Indonesia berhasil membuktikan diri mampu menyelenggarakan even besar. Di sisi lain, prestasi para atlet Indonesia pun tidak bisa dipandang sebelah mata, setidaknya untuk kali ini, karena berhasil membawa Indonesia masuk ke jajaran 4 besar negara Asia.

Keberhasilan ini tidak lepas dari keberhasilan sumbangan medali dari cabang-cabang olah raga baru di Asian Games 2018. Seperti kita ketahui, ada 10 cabang olah raga baru di Asian Games kali ini. Dari 10 cabang itu, 3 cabang gagal mempersembahkan medali, yaitu Basket 3×3, Sambo, dan Ju Jitsu. Sementara, 7 cabang lainnya berhasil menyumbang medali. Adapun 7 cabang tersebut adalah:

1. Pencak Silat
Tentu saja, cabang bela diri asli Nusantara ini menjadi buah bibir karena menjadi penyumbang medali emas terbanyak bagi Indonesia.

Atlet Pencak Silat pertama yang meraih emas bagi Indonesia di Asian Games adalah Puspa Arumsari. Atlet yang turun di nomor Tunggal Putri. Persembahan emasnya kemudian menjadi pembuka jalan emas bagi pesilat-pesilat lainnya. Sebanyak 14 medali emas dan 1 medali perunggu akhirnya berhasil dibawa pulang oleh para pesilat Indonesia.

2. Jetski
Dua kaka beradik Aero dan Aqsa Sutan Aswar menjadi andalan di cabang olah raga ini. Medali pertama direbut membagi perak dan perunggu di nomor Runabout Limited. Tidak diduga, Aqsa akhirnya berhasil merebut emas di nomor Endurance Runabout Open. Total 1 medali emas, 1 medali perak, dan 1 perunggu disabet di cabang yang pertandingannya digelar di Pantai Marina Ancol, Jakarta Utara itu.

3. Panjat Dinding
Putra dan putri Indonesia berhasil menguasai JSC Sport Climbing Arena, palembang, tempat olah raga panjat dinding dilangsungkan. Nomor Kecepatan putra, medali perunggu yang direbut Aspar menjadi awal pembuka kran medali Indonesia di cabang olah raga ini.
Total, Indonesia merebut 3 medali, 2 medali perak, dan 1 perunggu di cabang olah raga ini.

4. Paralayang
Cabang olahraga yang dilangsungkan di Gunung Mas Bogor ini memperoleh total 6 medali, yang terdiri dari 2 emas, 1 perak, dan 3 medali perunggu. Dua medali emas disabet dari nomor Akurasi Individu Putra dan akurasi Tim Putra. Sementara perak diraih Akurasi Tim Putri, dan perunggu diraih Cross Country Tim Putra, Akurasi Individual putri, dan Cross Country Tim Putri.

5. Bridge
Sebanyak 4 medali perunggu berhasil disabet oleh para atlet dari cabang olah raga yang menggunakan kartu, Bridge. Medali-medali ini diraih di nomor Pasangan Putra, Pasangan Campuran, Tim Campuran, dan Tim Campuran Super.

6. Roller Sport
Skateboard menjadi satu-satunya olah raga roller yang menyumbang medali bagi Indonesia. Dua medali perak dan dua medali perunggu berhasil disabet di arena JSC Skateboard Stadium.

Sanggoe Darma Tanjung dan Jason Lijnzaat menyabet medali perunggu di nomor Street Putra dan Park Putra. Sementara perunggu diraih Pevi Putra dan Bunga Nyimas di nomor Park Putra dan Street Putri.

7. Kurash
Perunggu menjadi satu-satunya medali yang diraih Indonesia dari cabang Kurash. Medali cabang olah raga yang berasal dari Putri 63 Kg ini diraih oleh Najmu Shifa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here