Keindahan dan Kekompakan dari Renang Indah

0

Renang Indah (Synchronize Swimming) merupakan salah satu cabang olahraga aquatics. Cabang ini menampilkan gerakan senam dan tarian di dalam air dan hanya dilakukan oleh atlit putri. Peserta yang dipilih sebagai pemenang di cabang ini adalah mereka yang dianggap melakukan gerakan tarian terbaik dan terindah di antara peserta lainnya.

Olahraga ini mulai berkembang di Kanada di awal abad 20. Renang indah masuk menjadi salah satu cabang eksebisi di Olimpiade Helsingki 1952 dan mulai dipertandingkan di Olimpiade Los Angeles tahun 1984. Asian Games 1994 di Hirosima menjadi Asian Games pertama yang mempertandingkan olahraga ini.

Synchronize Swimming ada d bawah organisasi yang mengurus olahraga air, yaitu Federation Internationale de Natation (FINA). Selain di Kanada, olaharag yang juga dikenal dengan nama water ballet ini juga berkembang di Eropa. Di Jerman, kompetisi pertama renang indah tercatat digelar pada tahun 1891. Setelah mengalami perkembangan di berbagai kawasan, FINA memperkenalkan cabang ini di tahun 1968 sebagai cabang olah raga air keempat setelah renang, loncat indah, polo air.

Di Asian Games 2018, renang indah akan dipertandingkan di Aquatic Center, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta pada tanggal 27 sampai 29 Agustus 2018. Cabang ini akan memperebutkan 2 medali emas, yaitu dari nomor duet dan tim, keduanya dari putri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here