Jelang Asian Games 2018, Rumah Indonesia Diperkenalkan

0

Pembukaan Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Beberapa cabang olahraga bahkan sudah memulai berkompetisi. Pemerintah Indonesia dan panitia perhelatan pesta olahraga terbesar se Asia ini memperkenalkan Rumah Indonesia, Senin (13/8). Peresmian Rumah Indonesia ini dilakukan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (PMK RI), Puan Maharani, bersama Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir, serta Ketua Chef de Mission Indonesia, Komjen Pol Drs Syafrudddin MSi.

Rumah Indonesia dibangun untuk mendekatkan masyarakat dengan para atlet yang bertanding di Asian Games. Masyarakat yang selama ini hanya bisa menyaksikan idolanya dari jauh, diharapkan bisa lebih akrab di di rumah yang mulai beroperasi pada 16 Agustus hingga 2 September 2018. Dikutip dari Republika Online, Erick Thohir sebagai Ketua Olimpiade Indonesia (KOI) berharap supaya Rumah Indonesia bisa menyatukan para atlet dengan masyarakat. “Atlet Indonesia harus menyatu dengan masyarakat” harap Erick.

Rumah Indonesia dibangun sebagai bagian untuk menyukseskan Asian Games 2018. Selain digagas oleh Erick Thohir, area yang berada di kawasan Rasuna Epicentrum, Kuningan ini juga digagas oleh Menteri Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani. Selaras dengan Erick Thohir, Puan berkeyakinan jika Rumah Indonesia bisa menjadi tempat para atlet untuk bersosialisasi dengan masyarakat, di tengah perjuangan mereka di arena Asian Games.
“Kalau di venue waktu untuk atlet sangat terbatas. Kita lihat waktunya atlet setelah agak bebas baru kita ajak ke sini untuk bersosialisasi dengan masyarakat” kata Puan seperti dikutip dari Republika Online.

Erick Thohir mengaku, keberadaan rumah serupa dari beberapa negara peserta Olimpiade Rio de Jainero menjadi inspirasi keberadaan Rumah Indonesia saat ini. “Awalnya Saya dan Ibu Puan melihat rumah-rumah milik beberapa negara saat mengunjungi Olimpiade di Rio de Jaeneiro, Brazil. Hingga akhirnya tercetus ide serupa untuk menghadirkan Rumah Indonesia agar masyarakat dapat mendapatkan beragam informasi seputar olahraga, budaya, hingga kesenian,” tutur Erick Thohir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here