Indonesia dan Asian Para Games

0
[:In]asianparagames2018.id[:]

Setelah Asian Games, Indonesia akan menggelar pesta olah raga yang tidak kalah akbar, Asian Para Games 2018. Kompetisi olah raga mirip Asian Games yang diikuti para disabilitas ini akan digelar di Jakarta antara 6 Oktober sampai 13 Oktober 2018. Gelaran ini merupakan gelaran Para Games yang ketiga diselenggarakan di Asia. Dua gelaran sebelumnya diselenggarakan di Guangzhou 2010 dan Incheon 2014.

Sebelum bernama Asian Para Games, kompetisi ini bernama FESPIC Games atau Far East and South Pasific Games fot the Disabled. FESPIC Games pertama kali diselenggarakan di tahun 1975 di Oita Jepang dan terakhir digelar tahun 2006 di Kuala Lumpur, Malaysia. Indonesia pernah menjadi tuan rumah FESPIC Games. Ini terjadi di tahun 1986, dan kota Solo mendapat kehormatan menjadi tuan rumah pesta olah raga ini.

Di Asian para Games pertama di Guangzhou, Indonesia berhasil menempati urutan 14 dari 30 peserta pemenang medali. Di Tiongkok, kontingen Indonesia mengumpulkan 1 medali emas, 5 medali perak, 5 medali perunggu.

Di Incheon, kontingen Indonesia berhasil memperbaiki prestasinya di Asian Para Games 2014. Sebanyak 9 medali emas, 11 medali perak, dan 18 medali perunggu berhasil dibawa pulang ke tanah air. Indonesia pun menempati urutan 9 di klasemen akhir perolehan medali.

Cabang Bulutangkis menjadi cabang dengan raihan medali emas terbanyak, yaitu 4 emas, disusul 3 emas cabang renang dan 2 dari Tenis Meja. Raihan ini tentu saja menjadi modal bagi atlet Indonesia dalam mengarungi Asian para Games 2018. Menarik untuk ditunggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here