Bambang Hartono dan Pembinaan Bridge Indonesia

0
ANTARA FOTO/INASGOC/Andry Prasetyo/Ttn

Lewat cabang olahraga Bridge, Bambang Hartono berhasil menyumbangkan medali perunggu di ajang olahraga terbesar se-Asia, Asian Games 2018. Berkat torehannya ia diundang pada acara Silaturahmi Presiden Joko Widodo dengan para atlet peraih medali pada Asian Games 2018. Dalam acara ini dilakukan juga penyerahan bonus secara simbolis kepada para atlet yang meraih medali.

Pencapaiannya mendapatkan medali perunggu, Bambang berhak mendapatkan bonus sebesar Rp.150 juta dari pemerintah. Bambang menuturkan bahwa “Uang bonus diberikan untuk pembinaan bridge kelanjutannya, jadi dibalikin ke bridge lagi seluruhnya.”

Bambang Hartono adalah orang terkaya di Indonesia yang memiliki Grup Djarum. Ia menjadi wakil tertua di kontingen Indonesia. Ia pun menjadi atlet tertua ke empat, di bawah Kong Te Yang (Filipina), Hung Fong Lee (Malaysia) dan Lai Chin Ng (Singapura) yang juga mewakili negaranya sebagai atlet bridge.

Kecintaannya akan olahraga Bridge sudah tertanam sejak kecil. Ia mulai bermain bridge saat berusia 6 tahun. Bahkan di usianya yang menginjak 12 tahun, ia telah memilih menjadi pemain bridge profesional. Alasannya, selain menyenangkan, bridge bisa melatih seseorang menjadi pemimpin.

Masuknya cabang olahraga Bridge pada Asian Games 2018, tidak lain berkat perjuangan pemerintah, GABSI (Gabungan Bridge Seluruh Indonesia) dan Bambang Hartono dalam meyakinkan Sheik Al Sabah, Presiden OCA (Olympic Council of Asia) bahwa brigde bukanlah judi.

Lewat usaha gigihnya dalam memperjuangkan olahraga Bridge, Bambang Hartono mendapatkan gold medal dari Federasi Bridge Dunia (WBF). Bridge adalah permainan kartu yang rumit. Segala kemungkinan bisa terjadi karena variasi kartu yang keluar bisa jutaan. Tentunya jika ingin menang perlu kemampuan analisa, penerapan strategi dan pengambilan keputusan yang tepat dengan segala resiko. Maka tidak heran jika bridge adalah olahraga yang memeras otak.

Meski usianya sudah menginjak 78 tahun, ia akan terus bermain bridge. Dalam wawancara yang dilakukan di kantor berita Antara, Hartono mengatakan “Saya main bridge untuk menjaga agar ingatan saya tetap tajam. Hobi saya lainnya adalah senam tai chi untuk membantu saya memusatkan perhatian.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here