I Gede
Siman Sudartawa
Renang
I feel proud because I’m appointed as the flag bearer at the opening ceremony, holding the Indonesian flag. I’m also proud when the SEA Games 2017, I was able to contribute gold and sang the song Indonesia Raya in Malaysia, it was amazing.

Kayuhan Menuju Kejayaan

Selain atletik, renang adalah salah satu cabang olah raga yang menyediakan banyak medali di setiap gelaran multi event olah raga, baik nasional maupun internasional. Salah satu perenang yang diandalkan Indonesia dari cabang renang adalah I Gede Siman Sudartawa. Pria kelahiran 8 September 1994 tersebut merupakan peraih 8 medali emas SEA Games, sejak 2011.

Perjuangan cukup berat memang dilalui Siman dalam meraih impiannya menjadi perenang. Keberhasilan Siman menjadi andalan Indonesia tidak lepas dari perjuangan kedua orangtuanya Ni Made Sri Kardini dan I Ketut Sudartawa. Keduanya terus melakukan pengorbanan supaya Siman bisa berlatih dan bertanding sebelum menjadi atlit yang berprestasi.

Selain di sektor regional, Siman mempunyai catatan yang lumayan di ajang dunia. Dalam Kejuaraan Renang Dunia FINA yang digelar di Budapest, Hungaria, 14-30 Juli 2017, perenang lulusan Manajemen di Perbanas Institute Jakarta ini mampu menempatkan diri di semifinal 50m gaya punggung. Prestasi ini menjadi sejarah bagi Indonesia karena pria kelahiran Klungkung ini menjadi perenang pertama Indonesia yang lolos di semifinal Kejuaraan Renang Dunia.

Anak asuh mantan perenang nasional, Albert C. Sutanto ini mengenal olah raga berenang sejak duduk di bangku sekolah dasar. Selain karena tidak ingin kalah dari teman sebangkunya, Siman yang awalnya benci air ini untuk mencoba untuk mulai berlatih renang untuk mendapatkan postur badan yang tinggi. Perlahan, hasil latihan itu berbuah prestasi karena berbagai turnamen daerah sampai nasional mulai dia jajal.

Keberhasilan menyabet 4 emas di SEA Games 2011 membuat Siman berkesempatan membawa bendera Merah Putih saat defile kontingen Indonesia dalam Upacara Pembukaan Olimpiade London 2012, 27 Juli 2012. Selain menghadapi ajang Asian Games 2018, Siman bersama beberapa rekannya sedang dipersipkan untuk terjun di olimpiade 2020.

PRESTASI

50 m backstroke
100m Backstroke
4 x 100m Medley Relay
4 x 100m Freestyle Relay
50 m backstroke
100m Backstroke
4 x 100m Medley Relay
100m Backstroke
4 x 100m Medley Relay
200m Backstroke