Akankah Terlampaui, Raihan Medali di Youth Olympic Games 2010 dan 2014

0

Youth Olympic Games (YOG) atau Olimpiade Remaja, masih belum jadi ajang yang ‘ramah’ bagi Indonesia. Terbukti dari dua multi event remaja dunia tersebut (2010, 2014), kontingen Indonesia baru bisa mengumpulkan dua medali perunggu.

Tercatat, pada YOG 2010 atau edisi perdana di Singapura, Indonesia yang mengirimkan total 14 atletnya, hanya mampu meraih satu medali perunggu dari cabang olah raga angkat beban, melalui lifter Dewi Safitri, di kelas 53 kg.

Catatan dari 2010 tersebut tidak berbeda jauh pada YOG berikutnya, di Nanjing China 2014. Dengan jumlah kontingen yang lebih banyak diberangkatkan dari edisi sebelumnya, yaitu 27 atlet remaja, namun prestasi Indonesia belum bisa merangkak lebih jauh.
Kembali dari Nanjing, kontingen Indonesia hanya mampu mempersembahkan satu medali perunggu. Dimana medali ini dipersembahkan oleh Antoni Sinisuka Ginting dari bulutangkis perorangan.

Kini, di YOG 2018 Buenos Aires Argentina, dengan kekuatan 18 atlet muda, kontingen Indonesia masih terus berupaya bisa memecahkan rekor dari dua penyelenggaraan sebelumnya.

Untuk sementara, kontingen Indonesia memang sudah menyamai prestasi dari dua Olimpiade Remaja, melalui satu medali perunggu yang diraih oleh atlet angkat besi Nur Vinatasari dari kelas -53Kg.

Hanya sayangnya, seperti dilansir dari Kompas.com, di cabang olah raga bulu tangkis, Indonesia sudah tidak bisa lagi berharap medali, setelah pebulutangkis andalan tim Indonesia di ajang ini Ikhsan Rumbay hanya mencapai babak perempat final, setelah takluk dari atlet India Laksyha Sen dengan skor 17-21, 19-21.

Namun begitu, harapan bagi Indonesia untuk bisa menambah medali masih terbuka lebar. Beberapa cabang olah raga masih dipertandingkan, dan diikuti oleh atlet Indonesia, seperti basket 3×3, atletik, renang, menembak dan voli pantai.

Tentu saja, asa para atlet remaja tim Indonesia masih terus terjaga, dan butuh semangat dan doa dari kita yang ada di Tanah Air. Mari kita semua dukung atlet – atlet Indonesia yang tengah berjuang di ajang YOG 2018, agar bisa terus memperbaiki prestasi.

Karena dari ajang ini, memang tak jarang banyak bermunculan atlet – atlet handal yang bisa menjadi andalan bagi negara nya masing – masing, termasuk juga di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here